Sebagian Rumus Excel

RUMUS EXCEL


 Rumus String
Berfungsi sebagai pengambilan karakter.
1. =Left(teks,banyaknya karakter yang diambil)
Contoh : =Left(“FINA”,3) Artinya anda memerintahkan pada excel untuk mengambil beberapa karakter sebanyak tiga huruf dimulai dari arah paling kiri pada kata “FINA”. Dari contoh diatas akan menghasilkan = FIN

2. =Mid(teks,dimulai dari karakter yang ke-....,banyaknya karakter yang diambil)
Contoh : =Mid(“Arfianti”,4,3) Artinya anda memerintahkan pada excel untuk mengambil karakter dimulai dari karakter yang ke-4 sebanyak tiga huruf pada kata “Arfianti”. Hasilnya = IAN

3. =Right(teks,banyaknya karakter yang diambil)
Contoh : =Right(“ANIS”,3) Artinya anda memerintahkan excel untuk mengambil karakter sebanyak tiga huruf dari yang paling kanan pada kata “ANIS”. Hasilnya = NIS



Catatan :
1. Untuk teks yang berupa huruf harus diberi tanda petik dua(“), sedangkan apabila angka tidak perlu memberinya tanda petik dua.

2. Hasil dari penggunaan rumus string ini termasuk kategori huruf meskipun teks berupa angka atau gabungan dari huruf dan angka.
Contoh : =Left(2031,2) hasilnya 20, maka 20 ini huruf, bukan angka. Karena fungsi dari rumus string sekedar pengambilan karakter saja maka dianggap huruf.

3. Tidak harus dengan menggunakan teksnya secara langsung, bisa dengan menggunakan nama cell saja. Dan ini lebih efisien ketika data itu terhitung banyak, sehingga kita tidak perlu repot menuliskan teks satu persatu.
Contoh : =Left(B4,2), Artinya anda memerintahkan excel untuk mengambil karakter pada teks yang ada pada cell B4 sebanyak dua huruf dari arah paling kiri.

4. Spasi sudah masuk hitungan. Contoh : =MID(“JOKO ADI”,4,3) hasilnya O A

 Rumus Logika
Rumus dasar : =If(syarat, jawab 1, jawab 2) Syarat = sesuatu yang dilogikakan Jawab 1 = jawaban yang akan muncul ketika syarat itu terpenuhi
Jawab 2 = jawaban yang akan muncul ketika syarat itu tidak terpenuhi

Contoh : =If(B2=”L”,”Laki-Laki”,”Perempuan”)
 Artinya apabila di dalam cell B2 itu berisi data berupa huruf “L”, maka Laki-laki, selain itu perempuan(maksudnya jawaban Laki-laki akan muncul apabila data itu berupa huruf “L”, berarti apabila berupa huruf Z,K,N,S ,dll. Atau angka seperti 2,37,45, atau bahkan kosong. Maka yang akan muncul jawaban “perempuan”. Karena tidak memenuhi persyaratan)
Catatan : Berikut tanda-tanda yang sering digunakan sebagai simbol dari kata-kata yang dimaksudkan pada sebelah kanannya:
1. > lebih dari
2. >= lebih dari sama dengan
3. < kurang dari
4. <= kurang dari sama dengan
5. = sama dengan/ adalah
Perhatikan contoh dibawah ini sebagai ilustrasi dari simbol diatas :
 =If(C2>78,”Lulus”,”Kursus”) Kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa kita, sekiranya seperti ini :
"Apabila di dalam cell C2 lebih besar dari 78 maka akan memperoleh keterangan Lulus, bila tidak maka Kursus. =If(C2=2,”Indonesia”,”Negara Lain”) Apabila di dalam cell C2 adalah angka 2 maka Indonesia, bila tidak berarti Negara Lain". (Untuk simbol yang lain, bisa dicoba sendiri berdasarkan kreativitas anda!!Good Luck)

 Rumus Logika + Rumus Lain
Saya kurang tahu dinamakan dengan apa , apabila didalam rumus logika terdapat rumus yang lain seperti rumus string,statistik,dll. Untuk lebih mudah penamaannya saya katakan rumus gabungan. Sebenarnya rumus ini tidak terlalu begitu rumit. Intinya anda harus paham dulu dengan bermacam-macam rumus yang ada. Selain itu perlunya ketelitian ketika memasukan rumus, seperti yang saya sering jumpai kebanyakan bertanya, “sebenarnya yang ditulis itu tanda koma, apa tanda titik koma?”. Hal ini tidak perlu kebingungan karena ketika anda menuliskan rumus tinggal lihat di layar monitor anda pada program excel, apakah menunjukan koma atau titik koma(lihat gambar). Karena setiap komputer itu berbeda. Bila yang tertulis itu koma maka anda harus mengikuti koma, tidak bisa tanda titik koma

Dan yang tidak kalah pentingnya, ketika anda menuliskan rumus apa saja, harus menuliskan berdasarkan kriteria.
Contoh : Ketika anda menuliskan rumus salah satunya rumus IF, pasti ada tanda kotak putih kecil disampingnya : disitu tertulis
 logical_test;[value_if_true];[value_if_false]
Tanda hitam disitu menunjukan anda berada pada kotak yang hendak diisikan.
Logical test untuk sesuatu yang ingin dilogikakan
Value_if_true jawaban benar ketika syarat terpenuhi
Value_if_false jawaban salah ketika syarat tidak terpenuhi

selama tidak disisipkan tanda koma atau titik koma, tanda hitam itu tidak akan bergeser pada sub selanjutnya. Hal-hal diatas merupakan beberapa yang perlu diperhatikan. Tidak ada bentuk khusus di dalam rumus gabungan ini. Hanya rumus IF yang dipadukan dengan rumus yang lain. Contoh : =If(Left(b2,2)=”do”,1,2) Kalau kita uraikan sebenarnya rumus ini gabungan dari rumus IF dan rumus String. =If(..............,1,2)
Left(b2,2)=”do”
 Sedangkan (=”do”) sebagai jawaban dari rumus string, karena rumus string masuk dalam kriteria syarat maka hasilnya itu perlu dimunculkan. Selain itu bisa jadi dalam rumus logika ada rumus logika. Contoh : =if(b2=”mn”,”Monitor”,if(b2=”ms”,”Mouse”,if(b2=”ky”,”Keyboard”,”Joystick”))) Tidak ada bedanya dengan menggabungkan rumus yang lain. Yang terpenting perlu memahami betul tiap rumus.

1 komentar:

sangat bermamfaat....makasi tipsya mas broo

Poskan Komentar